Berita Terbaru – Ramadhan adalah bulan istimewa yang sangat dinanti-nanti oleh umat muslim. Dibulan ini, semua orang akan melakukan ibadah puasa. Puasa adalah suatu kewajiban dalam menaham makan, minum dan hawa nafsu dari fajar hingga senja. Wah, pasti sangat cocok untuk orang yang melakukan diet ya? Ya, tentu saja ketika puasa adalah saat-saat yang paling tepat untuk kaum hawa berdiet. Biasa dikatakan puasa adalah dietnya umat islam.

Ingin Diet Ketika Berpuasa, Mudah kok! Ikuti Langkah Berikut

Namun, selain menahan makan dan minum pada siang hari. Saat fajar Anda diharuskan sahur terlebih dahulu agar tenaga tidak terkuras habis saat beraktivitas pada siang harinya. Setelah maghrib Anda juga harus berbuka puasa. Jika tidak diperhatikan, pola makan Anda justru tidak akan membuat tubuh Anda menjadi langsing. Failed diet, dong? Tentu saja tidak! Anda tetap bisa berdiet dengan asupan makanan yang cukup. How to? Caranya ikuti tip-tips berikut ini!

Tips Diet Sehat Saat Berpuasa Untuk Para Wanita

Jadwal Makan

Berpuasa namun masih ada jadwal makan? Semua asupan yang masuk kedalam lambung Anda harus sesuai jadwal ya! Tak terkecuali ketika Anda berpuasa. Saat berpuasa, Anda harus makan 3 kali sehari. Bagaimana caranya? Bisa diibaratkan waktu sahur adalah saat Anda sarapan, waktu berbuka adalah cemilan malam dan setelah sholat maghrib adalah makan malam. Dengan begitu, masa diet Anda akan tetap terjaga asupan nutrisi dan gizinya. Selain itu, dengan makan 3 kali sehari saat puasa seperti ini, sistem pencernaan Anda tidak akan terganggu dan tidak kaget setelah kosong seharian.

Menu Makanan

Untuk menu makanan, walaupun sedang berdiet, usahakan Anda tetap mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang kaya serat. Contohnya seperti roti gandum, kacang-kacangan, beras merah, sayuran dan buah-buahan. Makanan yang seperti ini sangat cocok untuk menemani waktu sahur Anda. Karena makanan yang mengandung karbohidrat kaya serat, akan membantu menstabilkan kadar gula dalam tubuh. Tak hanya itu, makanan berserat akan menetralkan kadar asam lambung yang biasa terjadi pada siang hari. Sehingga perut Anda tidak akan merasa sakit dan aktivitas Anda akan lancar. Wah, sangat membantu ya?

Menu Cemilan

Yang berikutnya adalah menu cemilan atau ta’jil. Saat berpuasa, Anda juga memerlukan cemilan sebagai pemanis. Tak perlu membeli desserts yang mahal! Anda cukup memakan kurma atau ta’jil khas ramadhan seperti kolak, es blewah, dan masih banyak lagi. Dengan cemilan yang seperti ini, akan membantu mencukupi kebutuhan glukosa dalam tubuh karena tidak makan seharian. Untuk itu, sangat diancurkan untuk berbuka puasa dengan makanan manis.

Pola Makan

Ketika berpuasa pola makan juga harus dijaga. Perlu Anda ketahui ada beberapa makanan yang sebaiknya jangan Anda makan ketika berpuasa. Salah satunya adalah gorengan, karena memakan gorengan akan memperburuk pencernaan Anda. Untuk itu, sebaiknya masak makanan dengan minyak yang sedikit ya, Ladies!

Olahraga Rutin

Bulan ramadhan bukanlah saatnya untuk Anda tetap bermalas-malasan. Jika ada waktu luang, sempatkan untuk berolahraga walau Cuma sebentar. Dengan olahraga rutin tubuh Anda akan tetap sehat dan bugar. Lakukan berbagai jenis olahraga ringan minimal 30 menit dalam sehari. So, your diet program will not be in vain.

Yes, that’s all, Ladies! Itulah beberapa tips saat berpuasa untuk Anda yang sedang menjalankan program diett. Diet bukan berarti Anda tidak makan sama sekali ya! Diet yang sehat adalah pola hidup yang teratur. So, good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *