Berita Terbaru – Ayah bunda tahukah Anda bahwa perkataan dan tindakan bisa membuat perkembangan anak buruk, jika Anda memberikan label negatif pada anak. Oleh sebab itu Anda sebagai orang tua harus berhati-hati ketika memberi label negatif atau berkata-kata. Label negatif itu sendiri biasanya diberikan jika anak dinilai nakal, bodoh, malas dan gendut. Sebenarnya label negatif ini yang diberikan kepada anak bisa berdampak buruk terhadap rasa percaya dirinaya. Karena dengan label yang Anda berikan tadi anak akan merasa dirinya seperti itu.

Contoh kecilnya saat anak mendapat rangking 5 besar di kelasnya, kemudian anak diberi label bodoh oleh orang tuanya. Sejak itu anak akan merasa bahwa dirinya bodoh dan merasa gagal. Agar hal yang seperti iu tidak terjadi pada anak Anda maka jangan sekali-kali mengatakan label negatif tersebut. Lantas, bagaimana cara agar jauh-jauh dari label negatif tersebut? Tenang, disini kami akan berbagai ulasan tentang cara jaukan anak dari label negatif. Yuk, disimak lansirannya dibawah ini. 

Ingin Jauh dari Dampak Buruk Label Negatif

Ini cara agar jauh dari dampak label negatif

Berikan label positif pada anak. Ayah bunda jika Anda sering memberikan anak label yang positif, maka anak akan menilai dirinya dari sisi positif. Selain itu juga anak akan melakukan hal-hal yang sifatnya positif. Seringkali pemberian label negatif pada anak ini adalah orang-orang terdekatya seperti ayah, ibu, kakek dan nenek. Namun juga sebaliknya ketika Anda memberikan label positif juga perlu diperhatikan karena bisa membuat anak menjadi pribadi angkuh dan tidak menyadari ekurangan pada dirinya.

Jangan ragu untuk memuji sikap anak. Ayah bunda jangan ragu-ragu untuk memuji anak ketika bersikap baik. Namun jika anak Anda perbuatan yang salah maka jangan segan untuk menegurnya tetapi dengan cara halus. Usahakan Anda bisa mengontrol setiap perkataan yang diucapkan, karena setiap perkataan yang Anda ucapkan akan ditiru oleh anak-anak. Saat anak melakukan perbuatan yang salah Anda sebagai orang tua harus memberikan semangat pada anak agar bisa memperbaiki kesalahannya dan tidak mengulanginya lagi.

Demikian sedikit cara yang bisa anda lakukan. Sebenarnya masih banyak cara – cara lain yang bisa anda terapkan. Semoga informasi yang kali ini kami berikan mengenai cara agar jauh dari dampak label negatif bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *