Berita Terbaru – Terlalu memberikan batasan yang berlebihan dan selalu menuruti segala keinginan anak itu tidak baik, lho! hal tersebut membuat anak menjadi manja dan selalu tergantung pada oranglain. Memberikan batasan dan menuruti kemauan anak sekali-kali tidak apa-apa namun harus wajar tidak berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu sifatnya tidak baik. Justru itu sebagai orangtua Anda harus mengajarkan pada anak untuk bersikap mandiri. Untuk apa? Agar bisa menyesaikan masalahnya sendiri selagi mampu. Namun, jika dirasa perlu bantuan orang lain meminta pertolongan boleh. Oleh sebab itu, sikap mandiri pada anak ini perlu ditumbuhkan. Lalu, bagaimana caranya? Baca informasinya dibawah ini!

Beberapa cara mendidik batita menjadi anak mandiri

Yuk, Belajar Mendidik Batita Menjadi Mandiri

Biarkan anak membuat keputusan sederhana

Bunda, setiap anak mempunyai kemauan untuk melakukan hal-hal yang diinginkan dalam hidupnya. Sebagai orangtua berikan anak kesempatan untuk menentukan sendiri apa pilihannya. Dengan catatan bahwa pilihan tersebut tidak berisiko, jadi biarkan anak belajar membuat keputusan sendiri. Misalnya anak membuat keputusan memilih mainan. Hal ini tidak berisiko jadi biarkan anak memilihnya sesuai dengan kemauan hatinya.

Memaksakan aturan tanpa mengganggu anak

Yang dimaksud disini memaksa aturan bukan berarti menakutinya, melainkan memberikan pengertian bahwa hal yang dilakukannya tidak baik. Jadi dalam menerapkan peraturan yang telah dibuat tidak harus dengan kekerasan. Contohnya pada saat anak bersepeda sedikit ke jalur tengah. Kemudian bunda memberikan ancaman pada anak, kejadian yang seperti itu tidak baik. Alangkah baiknya bunda memberi penjelasan bahwa hal tersebut berbahaya. Dengan begitu anak akan mengerti bahwa yang dilakukannya barusan salah.

Melibatkan anak dalam musyawarah keluarga

Bunda, melibatkan anak dalam musyawarah keluarga penting. Dengan melibatkannya sang anak ini bisa tumbuh rasa percaya dirinya. Sehingga anak bisa bersosialisasi baik dengan teman-temannya. Selain itu juga mampu memecahkan masalah atau mencari jalan solusi. Sungguh manfaatnya sangat besar sekali bagi anak, jadi bunda setiap ada musyawarah dalam keluarga jangan lupa untuk mengikut sertakan anak didalamnya.

Nah, itulah tadi beberapa cara mendidik anak belajar mandiri yang bisa Anda terapkan. Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa Anda gunakan. Semoga informasi yang kali ini kami berikan mengenai  cara mendidik batita menjadi mandiri bermanfaat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *